Wisata Sambil Olahraga, Ini Rekomendasi Tempat Hiking di Bandung

Wisata tidak hanya tentang berburu spot terbaik untuk foto, belanja oleh-oleh lokal, atau menikmati pemandangan alam. Akan tetapi, wisatawan juga bisa menikmati wisata olahraga. Terlebih, hiking menjadi aktivitas olahraga yang paling populer belakangan ini.

Mau tahu destinasi wisata lain yang lagi tren di Bandung? Yuk, follow akun Instagram @pesona.indonesia dan Tiktok @pesonaindonesia untuk mendapatkan info terkini seputar pariwisata di seluruh penjuru Indonesia!

Bandung merupakan salah satu dari sekian banyak wilayah yang memiliki destinasi wisata sambil olahraga. Berikut daftar tempat hiking yang bisa kamu temukan saat berkunjung ke Bandung, Jawa Barat.

1. Gunung Putri Lembang

Gunung Putri Lembang adalah salah satu tempat camping favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Selain warga lokal, banyak pula warga luar Bandung yang berdatangan ke Gunung Putri Lembang untuk camping atau sekadar berwisata.

Wisatawan yang belum terlalu berani untuk mendaki tidak perlu khawatir. Sebab, Gunung Putri Lembang bukanlah gunung yang menjulang tinggi, tetapi hanya bukit yang ditumbuhi pepohonan cemara sehingga menyuguhkan pemandangan sangat indah.

Meski kontur jalan menuju lokasi naik turun, akses jalan untuk menuju wisata alam tersebut relatif luas dan bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun jika wisatawan ingin berwisata ke Gunung Putri Lembang, disarankan untuk mengecek kembali kondisi kendaraan yang akan digunakan agar perjalanan lebih aman dan nyaman.

Tidak usah khawatir tidak ada toilet di atas bukit, karena pengelola sudah menyediakan toilet untuk mandi dan musala untuk beribadah. Di area parkiran juga terdapat banyak warung dan penyewaan tenda camping. Wisatawan yang ingin berkemah disarankan membawa perbekalan yang cukup, stamina yang prima, serta membawa baju tebal atau selimut karena udara saat malam hari sangat dingin.

2. Hutan Babakan Siliwangi

Kawasan hutan kota dengan luas 3,8 hektare ini sejatinya merupakan sebuah lembah yang dibentuk oleh sungai Cikapundung sejak ribuan tahun yang lalu. Kemudian barulah pemerintah setempat membuka kawasan tersebut sebagai hutan kota.

Hutan Babakan Siliwangi merupakan ruang terbuka hijau yang cocok sebagai tempat wisata di Bandung. Selain wisata, hutan kota ini juga cocok sebagai tempat berolahraga dan piknik santai di antara pepohonan hijau yang menyejukkan.

Letaknya yang strategis membuat taman tersebut sering digunakan sebagai tempat nongkrong dan bersantai. Nuansanya yang asri akan membuat pengunjung merasa betah berlama-lama di sana. Di hutan ini juga ada sebuah jembatan kayu dan besi yang saling terhubung sekaligus menjadi akses bagi para pengunjung yang hendak menyusuri hutan. Wisatawan tidak perlu khawatir karena jembatan ini aman dan kokoh.

3. Taman Hutan Jayagiri

Taman Hutan Jayagiri ialah sebuah tempat wisata alam berupa hutan yang terletak di Lembang Bandung Barat. Destinasi wisata ini merupakan hutan yang masih asri dan sejuk, didominasi oleh pohon pinus dengan luas yang mencapai 7 hektare dengan tinggi 1.450 meter di atas permukaan laut.

Hutan Jaya Giri adalah hutan lintas alam yang biasanya digunakan oleh para pecinta alam untuk mendaki gunung, menyusuri hutan, atau sekadar piknik melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari yang membosankan.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kota Bandung, Jawa Barat, dan sekitarnya akan menjadi alternatif berlibur di tengah kenaikan harga tiket pesawat. Menjelang libur sekolah, Sandi bahkan menyampaikan kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bersiap karena Bandung nantinya akan menjadi pilihan utama berlibur.

“Bandung Raya ini akan mendapatkan limpahan dari wisatawan yang tidak bisa berwisata karena harga tiket meningkat, jadi pilihan utamanya Bandung,” ujar Sandi saat meresmikan pembukaan Hotel Moritz Bandung yang disiarkan melalui Instagram Live, Minggu (19/6/2022).

Leave a Reply

Your email address will not be published.