Tim BWCF Bandingkan Tiket Naik Candi Borobudur dengan Angkor Wat

Direktur Eksekutif Borobudur Writers & Cultural Festival Yessy Apriati mengaku prihatin dan berencana menaikkan tarif Candi Borobudur menjadi Rp 750.000 untuk wisatawan lokal. Yessy yang berada di Angkor Wat pada 30-14 Juni 2022 untuk kegiatan seni budaya bersama seniman Kamboja, mengatakan Kamboja memiliki kebijakan untuk melarang setiap warga negara atau turis Ukraina memasuki Angkor Wat.

Sementara itu, tiket masuk turis asing seharga US$37 (Rp537.000) per masuk dalam satu hari. Paket tiga hari berharga $62 (Rp 900.000) dan paket 7 hari berharga $72 (Rp 1.04.000). Tim BWCF menerima tiket promo tiga hari 10 hari tambahan seharga $72.

Jauh lebih murah dari rencana masuk Borobudur Rp 750.000,” kata Yessy saat dihubungi, Rabu 8 Juni 2022.

Kesaksian Yessy juga akan membantah kesaksian mantan kepala industri kreatif lembaga itu, Triawan Munaf.
Triawan mempublikasikan tiket Borobudur dan Angkor Wat melalui akun Twitter-nya. “Bagi anda yang mengatakan bahwa tiket masuk ke BOROBUDUR akan lebih mahal dari tiket masuk ke ANGKOR WAT, apakah anda melihat langsung bukan ASBUN?” tulis Triawan.

Triawan kini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Aviasi Wisata (Persero) atau InJourney. InJourney adalah perusahaan induk untuk pariwisata dan penerbangan.

Yessy menjelaskan, pemerintah Kamboja memperketat aturan bagi pengunjung yang memasuki Angkor Wat untuk melestarikan bangunan bersejarah tersebut. Setiap 100 meter ada petugas yang memantau semua pengunjung.

Selain itu, setiap pengunjung yang masuk harus melewati pemeriksaan resmi. Pengawasan Ketat. Petugasnya sangar,” kata Yessy.

Mereka juga memberikan informasi tentang batuan yang seharusnya tidak terjadi karena puing-puing. Orang yang ingin menyutradarai film tersebut juga harus mendapatkan izin dari Kementerian Kebudayaan Kamboja.

Bangunan Bersejarah Angkor Wat adalah kompleks luas dengan lebih dari seribu bangunan. Angkor Wat adalah salah satu keajaiban budaya terbesar di dunia. UNESCO menyatakan candi, yang memiliki keindahan artistik arsitektur kuno, sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1992.

Pemerintah sebelumnya berencana mematok harga Rp 750.000 bagi wisatawan yang mencapai dalam yang ingin menaiki koridor candi yang mempersembahkan relief hingga mencapai stupa atau puncak tertinggi sebagai inti Borobudur.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan kuota wisatawan yang ingin naik ke gedung Candi Borobudur dibatasi sebanyak 1.200 orang per hari dan tiket terbatas serta sistem tiket online. bangunan untuk melestarikan kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Tiket seharga Rp 750.000 per orang untuk wisatawan lokal mendaki candi dan US$ 100 untuk wisatawan asing. Tarif masuk kawasan Candi Borobudur masih Rp 50.000 per orang untuk wisatawan lokal, namun hanya di pelataran candi. Untuk siswa (kelompok belajar sekolah atau tidak diharapkan) 5.000 IDR.

Leave a Reply

Your email address will not be published.