Thailand Berencana Umumkan Masuk Endemi Covid-19 Lebih Awal

Situasi Covid-19 Thailand terus membaik. Karena itu, Kementerian Kesehatan Masyarakat setempat memperkirakan bisa menyatakan negara itu memasuki status endemi lebih dari setengah bulan lebih awal dari yang diperkirakan, dikutip dari laman The Thaiger, Kamis (19/5/2022).

Thailand awalnya berencana untuk menyatakan Covid-19 sebagai penyakit endemik pada 1 Juli 2022. Namun kemarin, Rabu, 18 Mei 2022, Sekretaris Tetap Kementerian Kesehatan Masyarakat, Kiatphum Wongrajit mengumumkan bahwa Thailand berencana untuk menyatakan penyakit itu sebagai endemik sekitar pertengahan Juni 2022.

Strain Omicron kurang ganas dibandingkan flu biasa, kebanyakan orang yang terinfeksi tidak memiliki gejala atau gejala seperti flu, dan tingkat vaksinasi terus meningkat, kata Kiatiphum. Apa yang dimaksud dengan endemi?

Penyakit endemik adalah penyakit yang terbatas pada wilayah tertentu dan penyebarannya dapat diprediksi. Ada empat kriteria suatu penyakit untuk dinyatakan endemik.

1. Tidak lebih dari 10.000 kasus baru per hari

2. Tingkat kematian tidak lebih dari 1 dalam 1.000

3. Kekebalan yang dibangun di masyarakat melalui vaksin: setidaknya 80 persen kelompok berisiko tinggi menerima setidaknya dua dosis

4. Perawatan medis yang efisien di tempat

Apa yang akan berubah ketika Thailand menyatakan endemi Covid-19?

Belum sepenuhnya jelas bagaimana memasuki fase ‘endemi’ akan berdampak pada kehidupan sehari-hari di Thailand. Namun, ada dua perubahan yang terjadi:

1. Pihak berwenang Thailand tidak akan lagi memiliki kekuatan untuk mengkarantina siapa pun yang datang ke negara itu.

2. Kasus harian tidak lagi diperlukan untuk dilaporkan. Namun, kasus Covid-19 harian yang dirawat di rumah sakit akan tetap dicatat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.