Ketahui Informasi Ini Sebelum ke Tebet Eco Park, Parkir Hingga Rekayasa Lalin

Tebet Eco Park kini menjadi salah satu destinasi wisata baru bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Taman yang baru diresmikan pada Maret lalu oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu menawarkan beragam aktivitas menarik untuk menghabiskan waktu senggang atau libur.

Dalam akun resminya, Tebet Eco Park mengusung tiga konsep utama, yakni mengedepankan fungsi ekologi, sebagai ruang sosial, dan ruang edukasi dan rekreasi. “Lebih dari sekedar tempat rekreasi, tapi juga menghubungkan kembali manusia dengan alamnya,” tulis akun @tebetecopark.

Jika berminat ke sana, ada beberapa informasi yang bisa menjadi bekal untuk pengunjung. Berikut diantaranya:

Cara menuju Tebet Eco Park

Tebet Eco Park berada di Jalan Tebet Timur Raya. Aksesnya cukup strategis dari kawasan Tebet. Untuk menuju ke sana, pengunjung disarankan menggunakan angkutan umum, misalnya JakLingko rute 5N Kampung Melayu-Ragunan, JAK-18 jurusan Kalibata-Kuningan yang terhubung dengan Stasiun Tebet dan Stasiun Kalibata serta JAK-43 jurusan Tongtek-Cililitan.

Tak ada tempat parkir

Pengunjung disarankan naik angkutan umum karena tak ada tempat parkir yang tersedia. Pengunjung tidak disarankan memarkir kendaraanndi tempat parkir liar karena bisa mengganggu lalu lintas. Namun ada sejumlah lokasi di sekitar taman yang bisa dijadikan tempat parkir, yaitu Gedung Mugi Griya, Gedung Graha Pratama dan Wisma Pede. Ada juga SMP 73, SD Muhammadiyah, Rusun Harum Tebet dan Lapangan Basket, Panti Sosial, TPS, Kopi Nako serta SPBU.

Rekayasa Lalu Lintas

Pemerintah sedang melalukan uji coba rekayasa lalu lintas di sekitar Tebet Eco Park untuk mencegah kemacetan pada 16 dan 17 Mei 2022. Titik-titik rekayasa lalu lintas tersebut antara lain Jalan Tebet Timur Raya mulai dari simpang Jalan Tebet Raya sampai Jalan Tebet Barat Dalam X menjadi satu arah ke arah selatan; Jalan Tebet Barat IX di antara Taman Tebet sisi Utara dan sisi Selatan tetap menjadi dua arah; Jalan Tebet Barat Raya mulai dari simpang Jalan Tebet Barat Dalam X sampai Jalan Tebet Raya menjadi satu arah ke arah Utara dan Jalan Tebet Timur Raya sisi Selatan dari/menuju arah jalan M. T. Haryono tetap menjadi dua arah

Pedoman

Saat berada di Tebet Eco Park, pengunjung perlu mematuhi aturan demi kenyamanan bersama, diantaranya tidak membuang sampah sembarangan, tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker, bersikap sopan dan santun, menjaga fasilitas taman dan tidak merusaknya, tidak mengambil flora dan fauna yang ada di taman.

Meeting point

Di tempat ini terdapat pula beberapa meeting point yang dapat digunakan ketika berkunjung bersama teman-teman. Salah satunya adalah Tebet Eco Park Plaza yang berada di bagian selatan di dalam Tebet Eco Park.

Permainan edukatif

Di Tebet Eco Park juga tersedia berbagai permainan edukatif yang menyenangkan bagi anak-anak. Ada juga sejumlah spot foto yang instagrammble di taman itu untuk menghiasi media sosial, seperti Infinity Bridge dan Thematic Garden.

Leave a Reply

Your email address will not be published.