Cara Membuat Kerupuk Kulit Sapi!

Selain dimanfaatkan untuk kerajinan tangan, kulit sapi juga bisa dimanfaatkan atau diolah menjadi kerupuk kulit sapi. Berikut ini cara membuat kerupuk kulit sapi.

Salah satu produk olahan kulit ternak ialah kerupuk rambak kulit, yang dapat diolah menjadi produk olahan misalnya kerupuk rambak kulit goreng dan kerupuk rambak kulit yang dibumbui.

Kerupuk kulit (kerupuk rambak) merupakan makanan yang berbahan dasar kulit sapi yang masih muda. Untuk membuat kerupuk kulit ini tergolong cukup rumit dan membutuhkan pekerja yang cukup banyak.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Melansir dari sumbarprov.go.id, bahan-bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat kerupuk kulit sapi diantaranya:

1. 1 kg kulit sapi

2. Air kapur secukupnya

3. Minyak goreng

4. Oven panjang

5. Peralatan tajam

6. Pisau tajam

7. Wajan penggorengan

8. Lahan untuk menjemur dan mengeringkan

Adapun bumbu-bumbu yang dihaluskan untuk membuat kerupuk kulit sapi, meliputi:

1. Bawang putih (15 siung)

2. Gula pasir (2 sdm)

3. Garam (3 sdm)

Setelah semua bahan, alat dan bumbu sudah lengkap, berikut ini cara membuat dan menggoreng kerupuk kulit sapi yaitu:

1. Pertama rendam kulit sapi ke dalam air kapur selama kurang lebih dua hari. Setelah direndam, bersihkan bulu-bulunya menggunakan pisau.

2. Selanjutnya jemur kulit sapi tersebut dibawah sinar matahari langsung sampai kering. Apabila sudah kering, potong-potong kulit sapi sesuai selera.

3. Jika sudah dipotong-potong, rebus potongan kulit sapi bersama bumbu yang sudah dihaluskan hingga kulit matang, lalu angkat dan tiriskan. Kemudian jemur hingga benar-benar kering.

4. Setelah kulit sapi benar-benar kering, maka siap untuk digoreng. Untuk menggorengnya ada beberapa tahap. Pertama goreng kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak kering dalam minyak dengan suhu sedang dan menggunakan api kecil sampai kerupuk kulit sapi agak mekar, lalu angkat dan tiriskan.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

5. Pada penggorengan kedua, goreng kembali kerupuk kulit sapi ke dalam minyak panas menggunakan api besar hingga kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak mekar. Jika sudah mekar, angkat dan tiriskan kerupuk dan biarkan hingga dingin.

6. Setelah kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak dingin masukkan dalam wadah yang tertutup rapat. Kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak siap disajikan.

Tujuan dilakukannya penggorengan dia kali yaitu agar kerupuk kulit sapi terasa renyah saat di makan. Demikian cara membuat kerupuk kulit sapi yang dapat Anda praktikkan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.