Akhirnya Nol Kasus Covid-19 di Yogyakarta meski Jutaan Wisatawan Berdatangan

Untuk pertama kalinya sejak merebaknya pandemi Covid-19, DI Yogyakarta akhirnya mencatatkan rekor tanpa kasus baru Covid-19 awal pekan ini.

Kepala Kantor Umum, Keuangan, dan Protokol Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Ditya Nanaryo Aji mengatakan hingga Senin, 23 Mei 2022, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Yogyakarta nol. Ada 104 kasus aktif Covid-19 di Yogyakarta yang diberangkatkan per hari dan pasien Covid-19 yang meninggal nihil,” kata Ditya.

Baca Juga : nonton film sub indo disini.

Kondisi ini cukup mengejutkan sekaligus menarik mengingat kasus harian Covid-19 di Yogyakarta mencapai 2.866 kasus dalam satu hari pada Februari 2022. Selain itu, wisatawan terus berdatangan selama libur Idul Fitri dan Waisak pada awal hingga pertengahan Mei 2022.

Sekretaris DI Yogyakarta Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, perlambatan kasus Covid-19 hingga saat ini masih perlu dibarengi dengan kewaspadaan keterbukaan dan wisatawan. Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menggunakan masker selama beraktivitas walaupun pembatasan telah dilonggarkan oleh pemerintah pusat,” kata Aji.

Kebijakan Presiden Joko Widodo untuk memfasilitasi penggunaan masker, menurutnya, tidak boleh diterapkan secara gegabah atau sembrono. Kebijakan pemerintah pusat tentang penggunaan masker juga berdasarkan kajian, khususnya pada tingkat antibodi masyarakat,” katanya. “Jadi jangan euforia dan tetap waspada.”

Karena banyak turis yang mulai melepas masker di sesi terbuka seperti di Malioboro, Aji menerima agar mereka tetap memakai masker. Saat ini Yogyakarta masih berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Tingkat 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published.